Trembesi atau Ki Hujan

Flora
Trembesi atau Ki Hujan
13 Juni 2015
2171

     Trembesi (Albizia samansinonim Samanea saman) disebut juga Pohon Hujanatau Ki Hujan merupakan tumbuhan pohon besar dengan ketinggian hingga 20 meter dan tajuknya yang sangat lebar

   baltyra.com

    Pohon Trembesi (Albizia saman) disebut juga sebagai Pohon Hujan atau Ki Hujan lantaran air yang sering menetes dari tajuknya karena kemampuannya menyerap air tanah yang kuat. Di beberapa daerah di Indonesia tanaman pohon ini sering disebut sebagai Kayu Ambon (Melayu), TrembesiMunggurPunggurMeh (Jawa), Ki Hujan (Sunda).

trembesi dapat hidup di daerah beriklim tropis dan sub tropis dengan suhu 28-38C dengan ketinggian 1300 dpl.Trembesi dapat mencapai ketinggian rata rata 30-40 m dan mahkota pohon mencapai 40-60 m.Batang Trembesi dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Bijinya yang biasa disebut “Mindhik” (Siter atau Godril) selain dapat dibuat makanan ringan (semacam kwaci) juga berkhasiat sebagai obat pencuci perut dengan cara diseduh dengan air panas. Daunnyapun ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit kulit.

alamendah.org/.../pohon-trembesi-ki-hujan-serap-28-t...

https://id.wikipedia.org/.../Ki_hu...

Tentang Penulis
eral jantua gurning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-03-27
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *