musang congkok

Artikel
musang congkok
Satwa
3701
27 Juni 2016
Penulis
fendria wadi
71
posting

 

Musang Congkok atau Linsang merupakan salah satu jenis musang dengan berat mencapai 5 kg dan panjang sekitar 71 cm. Hewan yang bernama latin Prionodon linsang ini memiliki tubuh langsing dan berukuran sedang dengan panjang 35-40 cm, ekornya sepanjang 30-35 cm dan berat tubuh mencapai 700 gram. Kepalanya agak runcing, menyerupai kepala kucing. Sebenarnya warna rambutnya bervariatif, tapi kebanyakan tubuhnya ditumbuhi rambut berwarna kuning keputih-putihan dengan belang-belang berupa garis atau noda berwarna hitam. Ekornya juga ditumbuhi rambut dengan warna serupa. Musang Congkok memiliki gigi taring yang tajam juga kuku-kuku tajam yang dapat disembunyikan di telapak kakinya.
Musang Congkok Merupakan hewan nokturnal, atau lebih aktif di malam hari daripada siang hari. Hewan ini bergerak dengan sangat gesit dan cekatan, baik saat di daratan maupun saat memanjat menggunakan kaki-kakinya di pepohonan. Makanan utamanya adalah mamalia kecil, burung, katak, hewan-hewan pengerat (seperti tikus) dan serangga.

Musang Congkok merupakan hewan asli Indonesia, Musang Congkok sangat suka tidur diatas pohon bambu atau pohon-pohon rimbun lainnya. Musang ini mengeluarkan suara-suara yang dianggap ‘mistis’ pada malam hari yang gelap untuk berkomunikasi. Hewan ini menghuni hutan hujan tropis di dataran rendah dan pegunungan dengan ketinggian hingga 2000 meter dpl. Banyak dijumpai didaerah pegunungan-pegunungan di Aceh dan Sumatera Barat.

4
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *