Ulin si kayu besi, Salah satu pohon terbesar di dunia!

Flora
Ulin si kayu besi, Salah satu pohon terbesar di dunia!
12 Juli 2016
4141

Kayu Ulin / Eusideroxylon zwageri atau biasa disebut kayu besi ini adalah salah satu kayu yang terkenal dan terkuat di habitatnya hutan Kalimantan.  Ada berbagai nama daerah untuk Ulin, antara lain bulian, bulian rambai, onglen (Sumatera Selatan), belian, tabulin, telian, tulian dan ulin (Kalimantan). Ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 m dengan diameter sampai 120 cm. kayu ulin sangat kuat dan awet, dengan kelas kuat I dan kelas awet I, berat jenis 1,04.  Kayu ulin tahan akan serangan rayap dan serangga penggerek batang, tahan akan perubahan kelembaban dan suhu serta tahan pula terhadap air laut.  Karena ketahanannya tersebut maka wajar jika dikatakan kayu ulin, kayu sepanjang masa  dan kayu primadona.  Kayu ini sangat sukar dipaku dan digergaji tetapi mudah dibelah. kayu ulin ini merupakan salah satu jenis kayu mewah/indah yang masuk dalam daftar jenis pohon untuk ditanam untuk berbagai tujuan.

Kayu Ulin ini juga sulit dibudidayakan, dan walaupun bisa tanaman ini akan bisa ditebang kayunya setelah berusia ratusan tahun sehingga tak ada orang yang mau mengembangkan jenis kayu tersebut.  Lambatnya pertumbuhan ulin ditunjukkan dengan rata-rata pertumbuhan diameter pohon.  Pertumbuhan itu rata-rata hanya 0,058 cm per tahun.  Bandingkan dengan pertumbuhan rata-rata diameter pohon meranti misalnya, lebih kurang 1 cm per tahun, bahkan 2 cm dengan perlakuan khusus. Selain itu, perkembangbiakan ulin tak bisa dilakukan dengan cepat.  Buah Ulin memiliki cangkang keras.  Tak heran proses perkecambahan ulin lambat.  Selain dikikir, perkecambahan bisa dipercepat dengan menggoreng. Buah digoreng bukan dengan minyak tapi pasir.

Namun, kini kayu ulin sudah mulai langka sehingga kayu ini masuk daftar merah IUCN sebagai jenis kayu dalam kategori rentan (vulnerable).  Dimasukkan Kategori Rentan karena kayu ulin sudah jarang dijumpai akibat eksploitasi besar - besaran melalui aktivitas illegal logging dan perambahan hutan.

Klasifikasi! Kingdom: Plantae; Ordo: Laurales; Famili: Lauraceae; Genus: Eusideroxylon;Spesies: Eusideroxylon zwageri

 

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *