Teruntum / Lumnitzera racemosa

Flora
Teruntum / Lumnitzera racemosa
13 Juli 2016
3706

Teruntum / Lumnitzera racemosa

Deskripsi:

Belukar atau pohon kecil, selalu hijau dengan ketinggian mencapai 8 m. Kulit kayu berwarna coklat-kemerahan, memiliki celah/retakan longitudinal (khususnya pada batang yang sudah tua), dan tidak memiliki akar nafas. Daun agak tebal berdaging, keras/kaku, dan berumpun pada ujung dahan. Unit & Letak: sederhana, bersilangan. Bentuk: bulat telur menyempit. Ujung: membundar. Bunga biseksual, tanpa gagang, berwarna putih cerah, dipenuhi oleh nektar. Memiliki dua pinak daun berbentuk bulat telur. Letak: di ujung atau di ketiak. Formasi: bulir. Bunga putih, agak harum dan kaya akan nektar, diserbuki oleh serangga. Buah berserat teradaptasi untuk penyebaran melalui air.Buah berbentuk kembung/elips, berwarna hijau kekuningan, berserat, berkayu dan padat. 

Habitat:

Tumbuh di sepanjang tepi vegetasi mangrove. Menyukai substrat berlumpur padat. Mereka juga terdapat di sepanjang jalur air yang dipengaruhi oleh air tawar. 

Persebaran:

Dari bagian timur Afrika tropis dan Madagaskar sampai Malaysia, di seluruh Indonesia, PNG, Australia utara dan Polinesia. Hampir tidak ditemukan di sepanjang pantai yang menghadap Samudera India.

Kegunaan:

Kayunya keras dan tahan lama, cocok untuk berbagai keperluan bahan bangunan, seperti jembatan, kapal, furnitur dan sebagainya. Ukurannya lebih kecil dari L. littorea, sehingga sangat jarang ditemukan kayu yang berukuran besar. Kulit kayu kadang-kadang digunakan sebagai bahan pelapis.

Sumber: wetland internasional

Tentang Penulis
Jihan Fahira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *