Rusa Totol

Satwa
Rusa Totol
12 Juli 2016
4218

Rusa totol / Axis axis pastinya tidak asing bagi sebagian Sahabat Warriors, terutama yang pernah ke Istana Bogor. Di Istana Bogor terdapat ratusan rusa totol. Rusa totol juga tidak asing bagi penduduk kota Bogor lantaran binatang yang satu ini ditetapkan menjadi fauna identitas kota tersebut sejak tahun 1995. Namun satu fakta yang kadang terlupa adalah rusa totol sebenarnya bukan fauna asli Indonesia. Berbeda dengan rusa bawean (Axis kuhli), rusa timor (Cervus timorensis), sambar (Cervus unicolor) dan menjangan yang menjadi rusa asli Indonesia. Dulu, binatang yang lucu dan cantik ini didatangkan oleh Thomas Stanford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris pada tahun 1814 untuk menempati halaman Istana Bogor.

Klasifikasi! Kingdom: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Cervidae; Genus: Axis; Spesies: Axis axis

Rusa totol disebut juga sebagai “cheetal” atau rusa chital. Dalam bahasa Inggris fauna identitas kota Bogor ini disebut sebagai Chital, Axis Deer, Indian Spotted Deer. Dalam bahasa ilmiah disebut Axis axis.Rusa totol merupakan hewan herbivora yang menyukai segala jenis tumbuhan terutama rumput dan dedaunan. Ciri rusa totol yang membedakan dengan jenis rusa lainnya adalah terdapatnya totol - totol putih pada rambut tubuh (bulu) yang berwarna coklat.Rusa totol mempunyai tinggi tubuh sekitar 90 - 100cm. Rusa totol dewasa mempunyai berat antara 50 - 70kg untuk rusa jantan dan 40 - 50kg untuk rusa betina. Rusa jantan memiliki tanduk yang bercabang hingga dapat mencapai tinggi  75cm.

(sumber: Galeri pribadi)

(sumber: Galeri pribadi)

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *