Rotan badak atau bubuay

Flora
Rotan badak atau bubuay
14 Juni 2015
2034

Rotan badak atau bubuay (Plectocomia elongata) adalah sejenis tumbuhan dari suku palem-paleman (Palmae) yang menyebar di Asia Tenggara dan Indonesia bagian barat.

sumber gambar : wikipedia.com

Rotan berukuran besar, tunggal atau merumpun, memanjat hingga 30-50 m. Batang berukuran besar, diameter dengan pelepah daun mencapai 25-100 mm. Daun berukuran sangat besar, panjang mencapai 6–7 m, termasuk sirus 3 m dan tangkai daun 20-30 cm. Pelepah daun berwarna hijau, dengan banyak duri horizontal atau tersusun seperti sisir miring (roset). Anak daun berjumlah 50-60 di kanan kiri rakis, bentuk pita jorong, tersusun tidak teratur atau berkelompok 2-3. Permukaan atas anak daun hijau dan bagian bawahnya keputihan.

Rotan ini terutama didapati di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 m dpl. Rotan ini disebut sebagai "rotan badak" karena keras serupa kulit badak dan besar seukuran lengan orang dewasa. Di masa tuanya, setelah dia selesai berbuah, tanaman ini pun langsung mati.

Getahnya diminum atau digosokkan di badan untuk mengatasi demam. Getah yang dimasak sebentar dalam bumbung bambu digunakan untuk mengobati luka.

Tentang Penulis
David Pasaribu
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-28
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *