Owa Kalimantan

Satwa
Owa Kalimantan
30 Maret 2016
2543

Owa Kalimantan merupakan hewan endemik Indonesia dengan persebaran terbatas di selatan Sungai Kapuas dan barat Sungai Barito, Pulau Kalimantan.Merupakan primata arboreal (lebih banyak hidup di atas pohon) dan diurnal (aktif di siang hari). Sebagai hewan herbivora, Makanan utamanya adalah buah-buahan namun juga memakan dedaunan dan serangga.

Owa Kalimantan (Hylobates albibarbis)

Primata tidak berekor ini memiliki tubuh berukuran sedang. Panjang mulai kepala hingga tubuhnya berkisar antara 46,5 – 47,5 cm (jantan) dan 46,5 – 49,7 cm (betina). Berat tubuh jantan sekitar 4,9-6,5 kg, dan betinanya 5,9-6,8 kg.
Ukuran tubuh dan pewarnaan tubuhnya mirip dengan Owa Kalempiau (Hylobates muelleri) maupun Owa Ungo (Hylobates agilis). Tubuhnya memiliki bulu kecoklatan hingga coklat terang. Di bagian atas kepala bagian depan terdapat bulu berwarna cokelat gelap. Alis, tepi pipi, dan dagu berwarna keputihan yang melingkari wajah yang berwarna hitam. bagian dada, perut, sisi dalam tungkai, dan ujung-ujung tangan dan kaki berwarna lebih gelap. Sedang bagian punggung memiliki warna yang lebih terang. Jari-jari kaki dan tangan kehitaman.

Tentang Penulis
mukhamad indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-06-11
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *