orang utan sumatera

Flora
orang utan sumatera
9 Oktober 2019
994

ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII)

Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) adalah jenis orang utan yang paling terancam diantara dua spesies orangutan yang ada di Indonesia. Dibandingkan dengan orangutan yang ada di Borneo, Orangutan Sumatera memiliki perbedaan dalam hal fisik maupun prilaku.

Menurut IUCN, Selama 75 tahun terakhir, populasi Orangutan Sumatera telah mengalami penurunan sebanyak 80%. Dalam IUCN Red List, Orangutan Sumatera dikategorikan Kritis (Critically Endangered)

CIRI-CIRI FISIK

Orangutan Sumatera memiliki kantung pipi yang panjang pada orangutan jantan. Panjang tubuhnya sekitar 1,25 meter sampai 1,5 meter. Berat orang utan dewasa betina sekitar 30-50 kilogram, sedangkan yang jantan sekitar 50-90 kilogram. Bulu-bulunya berwarna coklat kemerahan.

POLA MAKAN

Sekitar 60% makanan orangutan adalah buah-buahan seperti durian, nangka, leci, mangga dan buah ara, sementara sisanya adalah pucuk daun muda , serangga, tanah, kulit pohon dan kadang telur serta vertebrata kecil. Dan mereka mendapatkan air dari buah-buahan tetapi juga dari lubang-lubang pohon. Orangutan Sumatera diketahui menggunakan potongan ranting untuk mengambil biji buah. Hal ini menunjukkan tingkat intelegensi yang tinggi pada orangutan Sumatera.

ANCAMAN

Ancaman terhadap populasi orangutan Sumatera mencakup hilangnya habitat hutan yang menjadi perkebunan sawit, pertambangan, pembukaan jalan, legal dan illegal logging, kebakaran hutan dan perburuan.

referensi:

wwf.org.id

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *