Melati harum dan mewangi

Artikel
Melati harum dan mewangi
Flora
1466
15 Desember 2014
Pusat Riset Konservasi Gajah dn Biodiversitas
Penulis
Achmad Zulfikar
68
posting
Kerajaan: plantae
Divisi: magnoliopphyta
Kelas: magnoliopsida
Ordo: lamiales
Famili: oleaceae
Genus: Jasminum

Spesies     :Jasminum sambac

Melati itulah nama dari bunga yang menjadi lambang negara ini 

melati memilki karakteristik tanaman perdu. Tanaman ini menjadi maskot bangsa ini karena  bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku jawa dan sunda.

 

Bunga melati bermanfat dalam bahan pencampuran campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di indonesia.

Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu, dalam rupa bunga yang diremukkan atau tapal daun-daunan yang ditempelkan di atas buah dada.

Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisu-bisula,  dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka.

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang paru-paru, bronkhitis, dan juga asma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka.

Beberapa jenis melati juga ditanam sebagai penghias taman.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *