jeruk atau yang disebut dengan limau

Artikel
jeruk atau yang disebut dengan limau
Flora
1396
16 Desember 2014
Pusat Riset Konservasi Gajah dn Biodiversitas
Penulis
Achmad Zulfikar
68
posting

eruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku rutaceae  (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohondengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

 

Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies  dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies (‘interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

Asal jeruk adalah dari Asia timurdan Asia Tenggara , membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. jeruk manis dan sitrun(lemon) berasal dari Asia timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia tenggara.

Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber Vitamin c dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.

Citrus retculata atau limau memilki manfaat untuk mengusir nyauk karena nyamuk kurang suka dengan bau limau.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *