Lada Hitam/Merica

Flora
Lada Hitam/Merica
2 Mei 2016
1796

Lada Hitam/ Merica (Piper nigrum), adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Lada sudah lama digunakan juga sebagai bahan untuk pembuatan obat tradisional. Terutama lada hitam, selain penguat aroma masakan, Sahabat warriors disini kita bisa melihat beberapa manfaat lada hitam untuk kesehatan serta khasiat untuk pengobatan;

- Membantu mencegah kanker, 

Membantu efektifitas pencernaan : Piperin dari lada hitam akan membuat pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini akan memberikan sinyal yang merangsang perut untuk memproduksi asam hydrochloric lebih banyak. Asam ini sangat penting untuk mencerna protein dan makanan lain didalam perut, yang jika kurang tercerna dapat menyebabkan perut kembung.

- Membantu menurunkan berat badan : Lada hitam membantu asimilasi ( ekstraksi semua nutrisi ) makanan yang tepat. Selain itu , lapisan luarnya yang berisi fitonutrien kuat akan merangsang pemecahan sel-sel lemak. Hal ini juga merangsang tubuh untuk berkeringat, serta buang air kecil, dimana ini merupakan cara yang bagus untuk menyingkirkan kelebihan air dan toksin dalam tubuh.

- Meredakan gas : Lada juga dikenal akan sifat karminatif nya ( zat yang dapat mencegah pembentukan gas ). Lada hitam dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perut kembung dan nyeri kolik Tambahkan merica pada makanan Anda,  akan membantu meringankan perut kembung.

Dapat mencerahkan kulit : lada hitam juga bertindak sebagai exfoliant yang baik. Lada hitam yang dilembutkan dan ditambahkan ke scrub wajah dapat membantu mengelupaskan kulit mati, merangsang sirkulasi dan membantu memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit . Sifat Antibakteri dan anti inflamasi juga membantu menjaga kulit terhindar dari infeksi kulit seperti bisul dan jerawat. 

- Mengatasi ketombe : Karena antibakteri dan anti inflamasi yang besar pada lada hitam, ia juga berkhasiat untuk menyingkirkan ketombe.

- Mengatasi hidung tersumbat dan meredakan batuk : Karena sifat antibakterinya, lada hitam adalah obat alami yang sangat efektif untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Rasa hangat dan pedas lada hitam juga membantu melonggarkan dahak dan merlonggarkan hidung tersumbat. 

- Membantu orang dengan anoreksia : Lada hitam banyak dikenal dapat meningkatkan kerja pencernaan dan merangsang selera makan. Karena khasiat ini, maka lada hitam juga baik sebagai obat alami untuk penderita anoreksia (tidak berselera makan),  dengan jalan membantu meningkatkan nafsu makan. - Membantu tubuh menggunakan nutrisi lebih efisien : Lada hitam diketahui memiliki sifat yang membantu meningkatkan bioavailabilitas . Ini berarti lada hitam juga membantu pengiriman yang tepat dan penyerapan nutrisi makanan lebih baik. Manfaat ini juga dapat membantu obat agar bekerja lebih efisien. dan 

-  Anti-depresan alami : The Journal of Food and Chemical Toxicology melaporkan bahwa piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, serta membantu mengalahkan depresi. Ditemukan juga bahwa lada hitam yang dimakan secara teratur akan membantu fungsi otak dengan lebih baik.  

Tentang Penulis
Muhammad Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-06-03
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *