Kopi Arabika, kuphie arabika

Flora
Kopi Arabika, kuphie arabika
7 Oktober 2015
1526

Kingdom         : Plantea

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Magnoliopsida

Ordo                : Gentianacea

Famili              : Rubiaceae

Genus              : Coffea

Spesies            : Coffea Arabica  

Pada zaman sekarang ini jika membahas tentang kopi pasti hampir semua dari kita akan antusias membahasnya. Salah satu jenis kopi adalah Kopi Arabika(Coffea arabica). Kopi Arabika (Coffea arabica) merupakan tanaman perdu tahunan yang memiliki akar tunggang. Tingginya antara 7-12 m dan mempunyai cabang. Percabangan sekunder sangat aktif bahkan pada cabang primer di atas permukaan tanah membentuk kipas berjuntai menyentuh tanah. Panjang cabang primer rata-rata mencapai 123 cm sedangkan ruas cabangnya pendek-pendek.

Batang tanaman Kopi Arabika (Coffea arabica) berkayu, keras dan tegak dengan warna putih keabu-abuan. Pada ruas-ruas cabang tanaman terdapat daun yang lebat. Daun tersebut tunggal dan berbentuk bulat telur. Tepi daun rata dengan ujung yang runcing. Namun, pada bagian pangkal terlihat tumpul. Daun tanaman Kopi Arabika (Coffea arabica) ini mempunyai panjang kira-kira 5-15 cm dan lebar 4-6,5 cm. Secara keseluruhan, daun tampak mengkilat dengan bentuk pertulangan daun menyirip. Daun yang sudah tua berwarna hijau tua, sedangkan daun yang masih muda  berwarna coklat kemerahan. Bunga tanaman Kopi Arabika(Coffea arabica) merupakan bunga majemuk (muncul secara berkelompok). Bunga ini tumbuh di ketiak daun dengan bentuk menyerupai payung.

Mahkota bunga berbentuk bintang dan berwarna putih. Bunga yang jumlahnya banyak akan keluar dari ketiak daun yang terletak pada cabang primer. Bunga ini berasal dari kuncup-kuncup sekunder dan reproduktif yang berubah fungsinya menjadi kuncup bunga. Kuncup bunga kemudian berkembang menjadi bunga secara serempak dan bergerombol. Tidak berbeda dengan bunganya, buah tanaman ini juga tumbuh berkelompok atau bergerombol. Walaupun ukuran buah cukup besar, dompolan buah kurang rapat.

Buah yang masih muda berwarna hijau bersih, sedangkan buah yang sudah masak berwarna merah cerah. Bentuk buah adalah bulat telur dengan diameter lebih kurang 10-15 mm. Di dalamnya terdapat biji yang berjumlah dua berbentuk bulat panjang. Berat 100 buah masak merah rata-rata 196 gram

Tentang Penulis
Muhammad Abrar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-11-25
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *