Rosela, asam paya

Artikel
Rosela, asam paya
Flora
1627
6 Oktober 2015
Penulis
Muhammad Abrar
12
posting

Kingdom        : Plantae (tumbuhan)

Subkingdom   : Tracheobionta (berpembuluh)

Superdivisio   : Spermatophyta (menghasilkan biji)

Divisio           : Magnoliophyta (berbunga)

Kelas             : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub-kelas      : Dilleniidae

Ordo              : Malvales

Familia           : Malvaceae

Genus            : Hibiscus

Spesies          : Hibiscus sabdariffa L 

Habitus dari tanaman Rosella (Hibiscus sabdariffa L.). Batang tanaman Rosella (Hibiscus sabdariffa L) mempunyai batang bulat, tegak, berkayu dan berwarna merah.tumbuh dari biji dengan ketinggian bisa mencapai 3-5 meter. Tanaman rosella (Hibiscus sabdariffa L) mempunyai akar tunggal.

Tanaman rosella (Hibiscus sabdariffa L) mempunyai daun tunggal berbentuk bulat telur, bertulang menjari, ujung tumpul, tepi bergerigi dan pangkal berlekuk, Panjang daun 6-15 cm dan lebar 5- 8 cm. Tangkai daun bulat berwarna hijau dengan panjang 4-7 cm. Tanaman Rosella (Hibiscus sabdariffa L) mempunyai bunga berwarna cerah.

Kelopak bunga atau kaliksnya berwarna merah gelap dan lebih tebal jika dibandingkan dengan bunga kembang sepatu. Bunganya keluar dari ketiak daun dan merupakan bunga tunggal, yang berarti pada setiap tangkai hanya terdapat 1 (satu) bunga. Bunga ini mempunyai 8-11 helai kelopak yang berbulu, panjangnya 1 cm, yang pangkalnya saling berlekatan dan berwarna merah. Kelopak bunga ini sering dianggap sebagai bunga oleh masyarakat. Bagian inilah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman.

Kelopak Rosella  (Hibiscus sabdariffa L) mengandung senyawa kimia seperti flavonoid, antosianin, vitamin C, gressypeptin, dan juga niasin yang sangat berguna untuk antioksidan terhadap radikal bebas dan juga untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung coroner dan juga aterosklerosis(penyumbatan pembuluh darah arteri).  

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *