Keong emas

Satwa
Keong emas
5 Mei 2016
4308

Deskripsi Pomacea canaliculata memiliki tubuh yanrbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu kepala, kaki, dan perut. Tubuh dapat dijulurkan keluar dari cangkang. Cangkang bulat asimetris terpilin dan mengkerucut dengan letak puncak pada bagian dorsal serta berwarna kekunging-kuningan. Cangkang dilengkapi operculum (penutup) berwarna coklat kehitaman, berbentuk bulat telur dan coklat kekuningan serta mengkilap pada bagian dalamnya.

Habitat dan distribusi biasanya persawahan dan aliran air. Dari amerika dan tersebar ke filiphina dan Indonesia.

 

(Sumber : Galeri Pribadi)

Keong mas (Pomacea canaliculata) adalah siput sawah dengan warna cangkang keemasan yang dianggap sebagai salah satu hama dalam produksi padi. Keong mas disebut hama karena menjadi pemakan tanaman padi di areal persawahan dan telurnya yang menempel pada batang padi menyebabkan tanaman padi mati. Keong mas memiliki karakteristik khusus yang dapat digunakan untuk membedakan dengan keong-keong jenis lain yang hidup pada habitat yang sama. Keong mas dewasa memiliki cangkang berwarna coklat dan daging berwarna putih krem hingga kemerah-merahan. Ukuran tubuhnya bervariasi dan tergantung pada ketersediaan makanan.

Makanan keong mas umumnya berupa tanaman yang masih muda dan lunak, misalnya bibit padi, sayuran, dan enceng gondok. Keong mas hidup di kolam, sawah beririgasi dan kanal. Keong mas membenamkan diri pada tanah lembab selama musim kering. Keong mas dapat bertahan hidup hingga 6 bulan dengan cara menutup operkulum dan membenamkan diri dalam tanah. Keong mas menjadi aktif kembali ketika tanah tempat hidupnya tergenang air. Keong mas dapat bertahan hidup pada kondisi lingkungan yang keras, misalnya pada perairan tercemar atau perairan yang memiliki kandungan oksigen terlarut rendah, karena keong mas memiliki insang (ctenidium) dan organ menyerupai paru-paru, sehingga dapat bertahan hidup di dalam dan di luar air.

(Sumber : Galeri Pribadi)

Klasifkasi :

Kingdom : Animalia

Fillum : Mollusca

Kelas : Gastropoda

Ordo : N/A

Family : Ampullariidae

Genus:Pomacea

Spesies : Pomacea canaliculata  

Komposisi Kimia Keong Mas (Pomecea canaliculata), keong mas cukup potensial sebagai sumber protein hewani. Keong mas memiliki kandungan gizi lain yakni kalori dan karbohidrat. Keong mas juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa mineral yang ditemukan dalam daging keong mas antara lain kalsium, natrium, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan zat besi. Salah satu tabel yang menunjukkan kandungan mineral daging keong mas.

Sumber :

Lia Dibyowati. 2009. “ Keanekaragaman Moluska ( Bivalvia Dan Gastropoda ) Di Sepanjang Pantai Cerita, Pangdeglang Banten”. Skripsi Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB.

 

Tentang Penulis
MOHAMAD JAKARIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *