Ikan kerapu Sunu Potensi Kabupaten Bengkayang Kal-Bar

Satwa
Ikan kerapu Sunu Potensi Kabupaten Bengkayang Kal-Bar
5 Mei 2016
2088

Deskripsi ikan ini memiliki bentuk tubuh agak gepeng dan memanjang. Memilki badan berwarna cokelat atau merah, dengan noda-noda berwarna biru yang berukuran tidak seragam, dan tepian berwarna biru pula. memiliki enam garis menyerupai pita berwarna gelap yang melintang pada dadanya. Ada kalanya pita tersebut tidak dapat dilihat dengan jelas.

Habitat dan distribusi dengan daerah penyebaran meliputi perairan kepulauan karimunjawa, kepulauan riau.  Dan perairan terumbu karang.

 

(Sumber : Galeri Pribadi)

Klasifkasi :

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Serranidae

Genus : Plectropomus

Spesies : Plectropomus maculatus  

Pada umumnya ikan kerapu memiliki bentuk tubuh agak rendah, moncong panjangmemipih dan menajam, maxillarry lebar diluar mata, gigi pada bagian sisi dentary 3 atau 4 baris,terdapat bintik putih coklat pada kepala, badan dan sirip, bintik hitam pada bagian dorsal danpoterior. Badan ikan memanjang tegap. Ikan kerapu sunu memiliki memiliki bentuk tubuh agak gepeng dan memanjang.

Ciri yang membedakan antara ikan kerapu sunu dengan ikan kerapu lainnya adalahkepala, badan, dan bagian tengah dari sirip berwarna abu-abu kehijau-hijauan, cokelat, merah,atau jingga kemerahan dengan bintik-bintik biru yang berwarna gelap pada pinggirnya. Bintik-bintik pada kepala dan bagian depan badan sebesar diameter bola matanya atau lebih besar. Pada jenis kerapu sunu lodi kasar umumnya bintik-bintik biru di badan berbentuk lonjong. Sebaliknya,pada kerapu sunu lodi halus bintik-bintik ini berbentuk bulat dan lebih kecil ukurannya bintik-bintik yang ada di bagian belakang badan berbentuk bukat dan berukuran kecil. Sementara itu,bagian bawah kepala dan badan tidak terdapat bintik-bintik biru. Namun, ada satu bintik birupada pangkal sirip dada. Bentuk ujung sirip ekor ikan kerapu sunu rata. Ujung sirip tersebutterdapat garis putih. Adapun pada sirip punggung ikan terdapat duri sebanyak 7-8 buah.

Sumber : 
 
Puspowardoyo, H. dan Djarijah A.S. 2002. Pembentukan dan pembesaran ikan lele Dumbo Hemat Air. Bandung.
Tentang Penulis
MOHAMAD JAKARIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *