Daun Seribu

Artikel
Daun Seribu
Flora
3138
16 Desember 2014
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi      : Magnoliophyta
Kelas      : Magnoliopsida
Ordo       : Scrophulariales
Famili      : Scrophulariaceae
Genus     : Achillea
Spesies   : Achillea millefolium

Daun seribu atau Achillea millefolium adalah salah satu tanaman yang sering digunakan untuk bahan obat beberapa penyakit. Tumbuhan ini sering digunakan untuk obat nyeri saat haid dan sakit perut. Kandungan kimia dari tanaman ini adalah flovonoid, minyak atsiri dan polivenol. Untuk mengobati sakit perut dan nyeri haid, yang digunakan adalah daunnya, yaiu dengan cara merebus daun dan meminum air rebusannya.

Daun seribu atau juga disebut yarrow sering digunakan sebagai pengobat luka. Gerard mengatakan bahwa daun seribu adalah tanaman yang sama dengan Achilles gunakan untuk mengobati luka pendarahan dari prajuritnya, maka nama genus tanaman ini adalah Achillea.

Deskripsi tanaman

Herba (Rumput – rumputan)tinggi 15-50 cm. Daun bercangap menyirip, pada masa vegetatif, daun tumbuh membentuk roset, karena batang belum muncul di atas tanah, lebar anak daun hanya 2 mm. Bunga pada tandannya membentuk payung berwarna kemerahan atau putih, tabungnya berwarna kuning, pada saat berbunga tangkainya tumbuh cepat sehingga tampak ruasnya memanjang. Buahnya kecil-kecil dan kulit tidak pecah.

Kandungan kimia
Daun dan akar Achiltea millefolium mengandung saponin dan flovonoida, di samping itu akar juga mengandung polifenol dan daunnya juga mengandung minyak atsiri.
Habitat: Tumbuh baik pada ketinggian tempat 900-1500 m dpl.
 
Bagian tanaman yang digunakan
Seluruh bagian tumbuhan
 
Kandungan kimia
Akhileina; Stakhidrina; Kholina; Polina; Apigenin; Inulin; Flavon; Glikosida benzaldehidsianhidrin; Zat samak; Asparagin; Minyak lemak.
 
Khasiat
Diaforetik, Antipiretik, Diuretik, Hipotensif, Antiseptik.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *