Carettochelys insculpta si kura-kura unik dari timur

Satwa
Carettochelys insculpta si kura-kura unik dari timur
25 Mei 2016
2118

Hai sahabat warrior! tahukah kamu bahwa Labi-labi moncong babi (Carettochelys insculpta) adalah satu-satunya jenis Labi-labi yang masih lestari yang merupakan anggota keluarga Caretochelidae.

Hewan air yang satu ini merupakan hewan asli indonesia. kura-kura moncong babi (Carettochelys insculpta), disebut juga fly river turtle, terdapat di sungai-sungai di irian jaya, yaitu di daerah danau jamur hingga daerah marauke, dan daerah utara autralia. kura-kura ini  merupakan kura-kura yang 'full aquatic', hampir seluruh hidupnya di habiskan di air, mereka baru akan pergi ke daratan hanya untuk bertelur. hal unik dari kura-kura ini adalah bahwa mereka memiliki kaki-kaki yang menyerupai sirip renang, seperti pada penyu laut, satu hal yang mendukung bahwa mereka lebih beradaptasi untuk kehidupan dalam air. kura-kura ini mendapat julukan 'kepala babi' atau 'moncong babi' karna memiliki moncong yang menyerupai hidung babi. bagian kerapas kura-kura ini lebih menyerupai kulit tebal dibandingkan dengan tempurung kura-kura lainnya, karna kura-kura ini memang lebih dekat dengan keluarga kura-kura yang bertempurung lunak (soft-shell), seperti babi.

Carettochelys insculpta bagian tubuh sebelah atas, kerapas (tempurung) dan kaki-kaki berwarna abu-abu gelap, sedangkan bagian tubuh sebelah bawah berwarna terang, hal tersebut merupakan kamuflase agar pemangsa sulit menemukan nya. kura-kura moncong babi dapat tumbuh cukup besar, ukuran tubuh bisa mencapai berat 22,5 kg, dengan panjang 56-57 cm. walaupun demikian, sebagai hewan peliharaan biasanya sulit mencapai ukuran tersebut.

Kingdom : Animalia

Fillum : Chordata

Sub fillum : Vertebrata

Kelas : Reptil

Ordo : Testudines

Family : Carettochelyidae

Genus : Carettochelys

Spesies : Carettochelys insculpta

Hewan endemik Papua yang kerap disebut kura-kura ini populasinya di alam bebas sangat terancam karena merupakan hewan peliharaan populer dan sering diselundupkan ke luar negeri (Cina dan Taiwan) untuk dikonsumsi sebagai obat. Ia hidup di sejumlah sungai di daerah selatan Papua dan di beberapa tempat di Queensland utara.

 

Tentang Penulis
MOHAMAD JAKARIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *