Bunga Tasbih

Artikel
Bunga Tasbih
Flora
3001
6 Oktober 2014
Penulis
Diny Hartiningtias
4
posting

Bunga Tasbih (Canna hybrida) adalah herba tropis yang akarnya berbentuk rhizome. Tumbuhan ini adalah salah satu tumbuhan ornamental yang cukup terkenal. Bunganya berwarna cerah, kombinasi antara merah, kuning, dan jingga. Ia bisa tumbuh cukup tinggi, sekitar 2-4 meter. Daunnya juga cantik, ada yang berwarna hijau tua dan hijau muda kekuningan.

Selain untuk ornamen, bunga tasbih juga dimanfaatkan sebagai sumber makanan, karena akarnya mengandung tepung berkualitas tinggi. Di Vietnam, tepung tersebut menjadi bahan dasar mie “cellophane”. Namun saat ini, penggunaan tepung Canna sudah sangat berkurang karena telah ditemukan tumbuhan lain yang lebih mudah tumbuh, seperti kentang atau jagung.

Penggunaan Canna secara tradisional juga ditemukan di India. Masyarakat India memanfaatkan biji bunga Canna sebagai peluru, karena bentuknya yang bulat kecil, berwarna hitam, dan cukup keras. Selain itu, biji Canna juga dipakai untuk pembuatan perhiasan dan pewarna alami.

 

Sumber:

Carey, D. & Avent, T. 2014. Canna – Growing Canna Lilies in Your Garden. Cited October, 6 2014 from http://www.plantdelights.com/Article/Canna-Lily

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *