Bunga Pukul Empat

Artikel
Bunga Pukul Empat
Flora
2756
14 Desember 2014
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi         : Magnoliophyta
Kelas         : Magnoliopsida
Sub Kelas   : Hamamelidae
Ordo          : Caryophyllales
Famili         : Nyctaginaceae 
Genus        : Mirabilis
Spesies      : Mirabilis jalapa

Bunga Pukul Empat, flora yang merupakan identitas Propinsi Lampung ini sebenarnya bukan bunga asli Indonesia, melainkan dari Meksiko. Bunga pukul pmpat atau four o’clock plant biasa disebut pula Bunga Asar, disebut sebagai bunga pukul empat atau bunga ashar karena memang jenis bunga ini biasa mekar di sekitar jam 4 sore hari.

Berikut adalah manfaat dan khasiat Bunga Pukul Empat.

Obat Bisul Tradisional

Layukan segenggam daun bunga pukul empat di atas api dan dinginkan sebentar lalu tempelkan daun bunga pukul empat tersebut ke bisul dan diamkan hingga bisul mengering dengan sendirinya.

Obat Jerawat Alami

Pecah buah bunga pukul empat dan kumpulkan serbuk putih menyerupai bedak dari dalam buah itu, campur bedak itu dengan air hingga menyerupai cream lalu dioleskan ke jerawat, lakukan secara teratur sampai jerawat menipis dan akhirnya menghilang.

Obat Disentri

Ambil 30-60 gr bunga pukul empat, campur dengan 30 gr pati ubi segar dan 500 cc air, rebus hingga mendidih sampai volume air tinggal 250 cc. Saring air rebusan lalu diminum hingga disentri berkurang/sembuh.

Obat Infeksi Saluran Kencing

Gunakan 9-15 gr akar bunga pukul empat kering atau 15-30 gr akar bunga pukul empat segar. Rebuslah dengan empat gelas air sampai tersisa setengahnya, saring air rebusan dan minum 2x/hari masing masing satu gelas.

Obat Radang Kelenjar Prostat

Gunakan 30 gr bunga pukul empat, 30 gr sambilata dan 70 gr lapisan putih buah semangka. Bersihkan semua bahan dan rebus dengan 800 cc air hingga tersisa setengahnya lalu saring dan minum airnya hingga badan terasa enak dan segar.

Obat Radang Tenggorokan

Gunakan segenggam akar tanaman bunga pukul empat, cuci dan bersihkan bahan, kemudian buatlah jus/diblender dan ambil sarinya. Minum jus tersebut secara teratur sampai badan/tenggorokan terasa enak/sembuh.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *