Buah Kesemek, Buah langka 1001 Manfaat

Flora
Buah Kesemek, Buah langka 1001 Manfaat
25 April 2016
1454

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, pohon buah kesemek ini yang menjadi pertanda cukup ampuh membaca musim, terutama persiapan memulai atau menghentikan penanaman komoditas sayuran. Cara tradisional ini, di antaranya masih dilakukan banyak petani di Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut. Saat ini jumlah pohon kesemek jumlahnya sudah sangat sedikit, karena banyak petani tak mengusahakan lagi akibat nilai jualnya sangat rendah. Keberadaan pohon kesemek, umumnya tinggal sebagai tanaman pengisi kekosongan lahan, ke banyakan ada di sudut-sudut kebun, lereng-lereng bukit, atau tempat lainnya yang kurang diupayakan. Daun pohon kesemek diketahui sensitif terhadap musim, suhu udara, dan rintik hujan, di mana menjelang musim kemarau pertumbuhan pucuk langsung tak tumbuh lagi sedangkan gelagat menjelang hujan cepat tumbuh subur. selain bisa di gunakan dalam meramal musim, buah ini juga memiliki manfaat lain;

1. menjaga agar tubuh tetap langsing zat serat yang terdapat dalam sebutir kesemek berjumlah dua kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung dalam sebutir apel. Tentunya sangat baik dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Begitu juga dengan kandungan vitamin dan mineral kesemek, lagi-lagi kesemek lebih tinggi dari buah apel.

2. mencegah kanker 

3. menghambat proses penuaan dini

4. menyehatkan paru-paru

5. menguatkan limpa

6. mencegah pengerasan pembuluh darah

7. menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal

8. Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.

Tentang Penulis
Muhammad Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-06-03
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *