Asi Topi-Jelaga

Satwa
Asi Topi-Jelaga
7 Juni 2015
2581

Burung yang berukuran kecil (16 cm), burung asi yang berwarna coklat gelap dengan mahkota hitam, garis alis pucat, dan tubuh bagian bawah abu-abu. Mirip Asi kumis, tetapi mahkotanya lebih gelap, ekor coklat gelap, dan tanpa kumis gelap. Ras Kalimantan mempunyai kepala coklat dan ekor merah. Burung remaja mempunyai mahkota lebih pucat dan bulu terbang warna karat.
Iris coklat gelap, paruh abu-abu krem, kaki merah jambu.

Burung yang bersuara seperti nyanyian dengan sekitar delapan nada gundah, khas seperti bukan siulan burung, dengan nada meninggi dan menurun. Suara kontak kelompok terdiri atas 4-5 nada berirama, bervariasi dalam nada tetapi kebanyakan menurun. Juga suara ocehan monoton, nada ganda “tiu, tiu”.

Penyebaran dan ras
Semenanjung Malaysia, Sumatera (termasuk di P. Bangka dan P. Banyak), dan Kalimantan. Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • affine (Blyth, 1842) – Thailand selatan, Semenanjung Malaysia dan Sumatera.
  • phoeniceum Deignan, 1950 – Kalimantan.

Burung yang umum ditemui di dataran rendah sampai ketinggian 700 m. Hidup berkelompok, pada pucuk pohon kecil dan semak-semak di hutan, di pinggir hutan, dan semak sekunder. Memakan semut, kumbang dan ulat. Mengunjungi dedaunan dalam kelompok kecil untuk mencari makan, biasanya pada ketinggian sekitar 6,5 m dari permukaan tanah.

Sumber : Kutilang Indonesia

Foto : Chon Boon Leong

Tentang Penulis
Agus Sumardika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-07-01
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *