Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) Salah Satu Primadona di Taman Kehati “mBajo”

Artikel
Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) Salah Satu Primadona di Taman Kehati “mBajo”
Flora
1941
9 Desember 2014
Penulis
Putri Diana
72
posting

Phalaenopsis amabilis merupakan salah satu jenis anggrek yang sering dijumpai sebagai tanaman hias yang banyak diperjualbelikan. Masyarakat mengenal anggrek ini dengan sebutan Anggrek Bulan. Anggrek ini begitu menawan, kelopaknya yang besar berwarna putih bersih nampak begitu bersinar. Selain itu pada bagian labellum (bibir bunga) berwarna putih dan kuning dengan bercak kemerahan.

Budidaya anggrek ini banyak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, salah satu tempat yang membudidayakan tanaman ini adalah Taman Kehati Bajo, masyarakat sering menyebut tempat ini dengan sebutan “mBajo”. Taman Kehati Bajo merupakan salah satu taman Keanekaragaman Hayati yang dibangun di atas areal bekas telaga di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Taman Kehati mBajo membudidayakan tanaman buah dan tanaman anggrek. Diantara jenis tanaman anggrek yang di budidayakan, anggrek bulan merupakan salah satu primadonanya. Berdasarkan keterangan dari Ibu Subekti (ketua kelompok tani wanita) anggrek bulan menjadi salah satu primadona, karena anggrek ini mudah untuk dibudidayakan, perawatannya tidak sulit dan tahan lama.

Ibu Subekti yang sedang melakukan perawatan tanaman anggrek di Taman Kehati Bajo

Budidaya anggrek bulan dilakukan didalam green house yang terdapat di area Taman Kehati Bajo. Perawatan tanaman yang terdapat di taman kehati ini dilakukan secara bergantian oleh kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok usaha tani wanita dengan sistem pembagian jadwal perawatan per hari.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *