ZODIA, tanaman pengusir nyamuk !

Article
ZODIA, tanaman pengusir nyamuk !
Flora
6440
21 December 2014
Fakultas Kehutanan
Author
Abednego Togatorop
110
posting

SOBAT BIODIVERSITY WARRIORS, saya sempat kagum dan tidak percaya ternyata selama ini saya kurang ramah lingkungan, kenapa ? Anti nyamuk yang saya gunakan selama ini berasal dari bahan kimia, setelah saya cari tahu lewat buku-buku, ternyata ada sejumlah tanaman yang mampu mengusir nyamuk.

 

Zodia namanya.
Zodia dengan nama latin Evodia Sauveolensmerupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong dalam tanaman jeruk-jerukan (Rutacea) yang berasal dari tanah Indonesia, tanah papua yang meruakan tanaman endemik yang mampu mengusir nyamuk, dengan cara mengusapkan daun zodia ke tubuh.

 

Ciri-Ciri Tanaman Zodia

  • Zodia merupakan tanaman perdu dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang mempunyai tinggi berkisar antara 50-200 cm dengan rata-rata tinggi berkisar antara 75 cm.

 

 

  • Daun pohon zodia berbentuk pipih memanjang agak lentur dengan warna kuning kehijau-hijauan, panjang daunnya berkisar antara 2-30 cm.
  • Tanaman zodia dapat mencapai ukuran 2 meter bila tumbuh di daerah bebas.

Daerah Penyebaran Dan Penanaman

Tanaman zodia banyak menyebar dan mampu hidup pada ketinggian antara 400-2000 meter dari permukaan laut sebagaimana halnya di pedalaman Memberamo, Papua tempat tanaman ini pertama ditemukan.

 

Pada umumnya tanaman ini ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan, namun zodia dapat juga ditanam di luar ruangan seperti di halaman rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *