Wisata Gula Merah di Labuhan Ratu

Artikel
Wisata Gula Merah di Labuhan Ratu
Lain-lain
1410
28 September 2015
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Apa sih spesial dan pentingnya bambu dan kelapa? Mungkin sebagian dari kita merasa bambu dan kelapa adalah tumbuhan yang biasa saja. Karena bambu dan kelapa biasa tumbuh di sekitar rumah sehingga tidak terkesan istimewa.

Meski begitu, siapa yang tidak suka dengan rasa manis dari gula merah? Ternyata pembuatan gula merah membutuhkan nira dari pohon kelapa sebagai bahan utama. Selain itu batang bambu dimanfaatkan sebagai alat cetak gula merah.

Pembuatan gula merah berasal dari batang bunga/nira pohon kelapa. Setidaknya saat musim kemarau seperti sekarang dibutuhkan 20 batang nira untuk membuat satu wajan besar gula merah cair. Gula merah cair yang sudah masak kemudian dicetak di dalam potongan batang bambu.

Kegiatan produksi gula merah rumahan ini dilakukan oleh kelompok pengerajin di Desa Labuhan Ratu 9 Way Kambas, Lampung. Tidak hanya membuat lalu menjualnya, proses pembuatan gula merah ini juga menjadi destinasi wisata desa. Desa yang berbatasan dengan pintu TN Way Kambas ini memang sedang mengembangkan diri menjadi desa ekowisata.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *