Udang Pistol

Satwa
Udang Pistol
30 Mei 2015
2694

Kehebatan udang pistol adalah terletak pada tembakan yang keluar dari capit kirinya. Letupan yang keluar dari capitnya bahkan lebih hebat dari letusan pistol buatan manusia. Menghasil gelembung berkecepatan 60 mil / jam (97 km / jam), letusan tembakan dari udang pistol mampu mengeluarkan suara berkekuatan 218 desibel. Sebagai gambaran, suara letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 yang tercatat sebagai salah satu letusan gunung terhebat, hanyalah bernilai 180 desibel. Atau, bom seberat 1000 ton mampu menghasilkan suara ledakan berkekuatan 300 desibel. Bisa dibayangkan berapa keras suara letusan udang pistol yang mematikan? Dijamin deh, telinga kita bisa budeg mendadak jika berada di dekatnya. Daaar.

Ada yang lebih gila lagi. Tembakan udang pistol memang berupa gelembung tapi gelembung ini menghasilkan sonoluminescence (sebuah fenomena terbentuknya emisi cahaya oleh gelembung di dalam air yang dirangsang oleh adanya gelombang suara). Efeknya pun luar biasa, air yang terkena/dilalui oleh tenaga letusan ini suhunya akan naik drastis hingga melampaui 5000 derajat Kelvin (4700 derajat Celcius). Setidaknya, suhu ini hampir menyamai suhu permukaan matahari yang bernilai 5800 derajat Kelvin (5500 derajat Celcius). Dahsyatnya.

Bisa dibayangkan jika senjata udang pistol ini bisa dibuat versi makronya, pastinya hancur saja dah dunia! Ibarat senjata pemusnah massal.

Sumber

http://en.wikipedia.org/wiki/Alpheidae

http://www.smkislam1durenan.sch.id/blog/?p=16

Tentang Penulis
Syamsul Anwar Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2015-06-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *