Udang Palemon Merah

Artikel
Udang Palemon Merah
Satwa
1778
3 Januari 2015
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

Udang Palemon Merah (Palaemon styliferus) mempunyai tanduk moncong yang panjang sekali dan melengkung ke atas. Ketika masih segar warnanya hampir tembus cahaya agak kuning pucat. 

kadang-kadang dijumpai pula yang ujung ekor dan kepalanya berwarna merah . Udang dewasa dapat mencapai ukuran 10 cm, sehingga sering dijual dalam keadaan segar. Udang Palemon merah tersebar luas mulai dari India sampai ke Indonesia.

Udang Palemon hidup di laut dekat muara sungai, tetapi pada musim musim tertentu beruaya ke perairan tawar. Pada waktu beruaya inilah udang tersebut tertangkap dalam jumlah yang banyak. Udang ini sering dijadikan ebi, setelah kepala dan kulitnya dibuang. Ebi dipasarkan ddengan harga yang sangat tinggi.

Udang palemon merah belum dibudidayakan, dan pada taraf sekarang hanya merupakan hasil tambahan dari daerah tambak di samping yang di tangkap dari alam.

Untuk membudidayakan udang ini masih diperlukan ilmu pengetahuan mengenai segi-segi peri kehidupannya, di antaranya mengenai daur hidup, laju perkembangannya, makanannya , lingkungan dan daya tarik terhadap pencemaran.

sumber foto : taking from nationa;geograpic

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *