Tanaman Air Mata Pengantin

Flora
Tanaman Air Mata Pengantin
5 Maret 2020
633

Tanaman Air Mata Pengantin mempunyai nama latin Antigonon Leptopus Hook dan termasuk anggota keluarga Polygonaceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah khususnya Meksiko.Tanaman air mata pengantin terkenal sebagai obat herbal, bagian yang dimanfaatkan untuk obat herbal adalah akar dan rimpang yang di ekstrak dan diseduh lalu diminum. Tanaman ini tumbuh dengan merambat dan memiliki 5 lembar kelopak berwarna merah atau pink terkadang berwarna putih. Kelopak dalam berbentuk runcing dan bagian luar berbentuk bulat. Setelah tumbuh mahkota akan menyelubungi buah. Daunnya berwarna hijau tua berbentuk segitiga dengan tekstur bergelombang berujung runcing. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan stek batang, stek biji , dan metode merunduk.

Di Indonesia tanaman ini dapat djumpai di banyak tempat salah satunya di kampus Institut Teknologi Sumatera(ITERA) tepatnya di sekitaran Embung C ITERA yang merambat pada tiang tiang yang disediakan. ITERA sendiri merupakan salah satu forest campus yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Selain di Indonesia dan Amerika tanaman ini banyak dijumpai di kawasan Asia, Afrika dan Karibia. Tanaman ini berguna untuk kesehatan, salah satunya sebagai antidiabetes dan antitrombin. Sedangkan ekstrak akar dan rimpang akan menghasilkan etil asetat dan methanol.

Tanaman ini memiliki proses pertumbuhannya sangat cepat, jika pemeliharaannya kurang insentif akan menyebabkan tanaman hias menjadi gulma atau tanaman pengganggu.

Tentang Penulis
Meita Tasya
Institut Teknologi Sumatera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-05
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *