SURGA TROPIS DI TIMUR INDONESIA

Artikel
SURGA TROPIS DI TIMUR INDONESIA
Lain-lain
1401
11 Februari 2015
Penulis
Dewi Ayu Anindita
91
posting

Indonesia itu kaya akan sumber daya alam, khususnya di bagian timur indonesia. Surga tropis di timur indonesia, sebutan yang pas untuk “Maluku Utara”. Suatu Provinsi yang terdiri dari 395 pulau, 28 sub etnis dengan 29 bahasa lokal.

Memiki beraneka ragam potensi alam baik itu objek wisata bahari berupa pulau-pulau dan pantai yang indah dengan taman laut serta jenis ikan hias beragam jenis, corak kehidupan sosial budaya masyarakat yang masih kental akan adat istiadat yang selalu di pegang teguh, memiliki berbagai macam kawasan suaka alam, seta memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah.

Terdapat pula berbagai macam jenis flora dan fauna salah satunya, yaitu Kenari (Canarium vulgare) dan Agathis (Aghatis sp.) kedua jenis tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang dilindungi. Beberapa spesies mamalia, reptilian, amphibi, aves dan kupu-kupu.

Terdapat 34 spesies sebagai mamalia teristerial, 3 spesies endemic yaitu Phalanger sp., Rhinolophus euryotis timidus, dan Hipposideros diadema euotis dan 1 spesies yang dilindungi Ceruus timorensis moluccensis.

Burung ; 217 jenis burung terdapat di Halmahera (24 jenis endemik) dan 4 jenis adalah jenis endemik Halmahera, yaitu Mandar gendang (Habroptila walaci), cekakak murung (Tadiramphus diops), kepudang Halmahera (Oriolus phaeochromus) dan bidadari Halmahera (Semioptera wallacii)

Jenis Reptil ; dari 46 jenis reptil, terdapat 3 jenis kadal 3 spesies, yaitu Hydrosaurus werneri, Emoia reimsehisseli, Engongylus albofasciatus (mentovaria).

Sedangkan jenis Amfibi ; terdapat 7 jenis di Halmahera, 3 jenis adalah jenis endemik Halmahera. Jenis fauna endemik Halmahera lainnya adalah belalalng (2 jenis), capung (3 jenis), kupu-kupu raja (Papilo beringi) dan moluska darat (20 jenis).

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *