Si mini Rasbora agyrotaenia dari kalimantan yang kaya mamfaat

Kelautan
Si mini Rasbora agyrotaenia dari kalimantan yang kaya mamfaat
7 Mei 2016
1891
Ikan seluang begitu biasanya ikan ini di panggil oleh orang-orang di Kalimantan khususnya Kalimantan Barat, merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil. Ikan ini bisa juga dikonsumsi karena rasanya yang gurih dan renyah jika digoreng sampai kering. Selain itu, mereka biasanya juga dimanfaatkan sebagai pakan bagi ikan akuarium dengan ukuran yang lebih besar, misalnya ikan lohan.   
 
Ikan ini mampu bertahan hidup sekitar 3-6 tahun dengan ukuran tubuh berkisar antar 5-17 cm. Termasuk dalam keluarga Cyprinidae, ikan ini merupakan bagian dari genus Rasbora. Selain jenis ini, dari genus yang sama di Indonesia juga ditemukan Rasbra bankanensis, yang juga merupakan seluang dari Pulau Bangka.
 
 
Klasifkasi        :
Kingdom : Animalia
Fillum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cypriniformes
Family :Cyprinidae
Genus :Rasbora
Spesies : Rasbora agyrotaenia
 
Ikan ini berbentuk pipih memanjang dengan sisik tipis. Lunjur Padi yang masih kecil memiliki warna putih keperakan dan di dua sisi tubuhnya terdapat garis berwarna kehitaman. di saat mereka telah tumbuh dewasa, warna ini memudar digantikan warna putih kekuning-kuningan. Saat fase perkembangbiakan, ikan ini suka menaruh telurnya menempel pada tumbuhan yang ada di air. 
 
Habitat alami ikan seluang adalah rawa berair atau sungai yang berarus tenang di hutan pedalaman di kawasan Benua Afrika dan Asia Tenggara. Saat ini, ikan ini telah jarang menemukan ikan jenis ini di perairan umum, namun secara alami mereka hidup secara berkelompok di permukaan perairan hingga bagian tengah.
 
Jika ingin menemukan ikan seluang di tempat hidupnya yang asli, cukup mudah. Ikan ini suka berenang sampai permukaan air khususnya saat permukaan air sungai atau rawa meningkat, dan ketika curah hujan meninggi. Pada waktu seperti ini, mereka berenang ke permukaan untuk mengejar makanan. Saat musim kemarau tiba, atau suhu lingkungan meningkat, ikan ini lebih suka untuk berteduh dan berkumpul di bawah pohon. Suhu lingkungan yang paling baik bagi ikan ini sekitar 22-26 derajad Celcius.    
 
Sifat ikan ini omnifora atau pemakan segala, sehingga mereka memakan berbagai macam makhluk hidup seperti lumut, zooplankton, crustacea kecil, cacing tanah dan serangga. Bahkan mereka bisa memakan telur mereka sendiri ketika stok makanan di lingkungan menurun.  
 
Kandungan Gizi Ikan Seluang Dibandingkan ikan lainnya yang mengandung kalsium, seluang memiliki kandungan kalsium jauh lebih tinggi. Sehingga, mengkonsumsi ikan ini sangat cocok bagi orang yang mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis jika dikonsumsi secara rutin.   Potensi Pasar Ikan Seluang dengan rasanya yang gurih dan nikmat membuat ikan ini banyak digemari para wisatawan kuliner. Banyaknya permintaan dan masih sedikitnya jumlah pembudidayaan ikan membuat ikan ini memiliki harga jual lebih tinggi ketimbang ikan lainnya, yaitu sekitar 30ribu rupiah per kilonya. Melihat harga yang tinggi, sangat menguntungkan jika bisa membudidayakan ikan Seluang.
 
Sumber :  
Eddy S, 2013, Inventarisasi Dan Identifikasi Jenis-Jenis Ikan Saat Pasang Surut Di Perairan Sungai Musi Kota Palembang, Seminar Nasional Sains Dan Teknologi V, Lembanga Penelitian Universitas Lampung, Palembang.  
 
Tentang Penulis
MOHAMAD JAKARIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *