Andalas

Flora
Andalas
8 Mei 2016
3631

Halo sahabat Warriors! ini dia flora khas dari ranah Minang Sumatera Barat yaitu pohon andalas.

Andalas merupakan tanaman khas Sumatera Barat yaitu pohon dengan nama latin Morus macroura. Andalas tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, namun kemudian tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10–15 m. Daun andalas merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi. Buah Andalas pun mirip dengan buah murbai. Buahnya berbentuk majemuk, menggerombol berwarna hijau jika masih muda dan menjadi ungu kemerahan bila telah masak. Buahnya berair dan dapat dimakan dengan rasa asam-asam manis. Perbanyakan andalas pun dapat dilakukan dengan cara stek.

 

Andalas terutama terkenal karena daun - daunnya dapat digunakan sebagai makanan ulat sutera. Selain itu, andalas / Morus macroura, sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.

Sahabat Warriors, meskipun andalas tidak termasuk dalam ‘daftar merah’ (red list) IUCN, tetapi tanaman ini mulai langka dan sulit ditemukan. Tentunya kita tidak menginginkan hal ini terjadi jika sebuah maskot provinsi akan menjadi punah. Oleh sebab itu, kita sebagai generasi muda merupakan harapan dalam melestarikan tanaman ini, agar andalas tetap ada, tetap lestari, dan tetap dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar. 

 

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *