Si kuning “Bambangan Kuning” yang Suka Berkamuflase

Artikel
Si kuning “Bambangan Kuning” yang Suka Berkamuflase
Satwa
2687
22 Juni 2015
Yayasan Kanopi Indonesia
Penulis
Arif Rudiyanto
50
posting

Yellow Bittern | Bambangan Kuning | Ixobrychus sinensis Gmelin, 1789

 

 

KLASIFIKASI 

  Kingdom : Animalia

  Phylum   : Chordata

  Class      : Aves

  Ordo      : Pelecaniformes

  Family    : Ardeidae

  Genus    :  Ixobricus

  Species  :  Ixobrychus sinensis Gmelin, 1789

 

      Burung ini berukuran kecil (38 cm), berwarna kuning tua dan hitam. Pada individu mature (dewasa) memiliki topi hitam, dengan bagian atas coklat kemerahan pucat, sedangkan bagian bawah kuning tua. Ketika terbang akan terlihat bulu berwarna hitam hitam, sangat kontras dengan bulu penutup sayap yang kuning tua. Pada individu immature (remaja) penampakan seperti individu dewasa, tetapi lebih coklat dan keseluruhannya bercoretan tebal serta sayap dan ekor hitam. Iris kuning, lingkaran tanpa bulu di sekitar mata kuning kehijauan, paruh coklat kehijauan, kaki kuning kehijauan.

           Burung ini menyukai rumpun tumbuhan Pandanus, rumpun buluh di sepanjang sungai, serta saluran di daerah rawa-rawa dan sawah. Merupakan pemburu yang lincah, memanjat di antara buluh rintangan lain, menjentikkan ekor, menegakkan jambul sambil mengepakkan salah satu sayapnya. Pada saat berbahaya, diam tidak bergerak dengan paruh ditegakkan dan mata melotot aneh ke depan sambil mengamati sumber bahaya tersebut. Makanan berupa ikan, ketam, kodok, dan serangga air. 

 

          Saat terganggu atau teracam burung ini akan diam tak bergerak, paruh ditegakkan dan mata melotot kedepan sehingga seolah menyerupai tanaman rumput atau buluh. Warna tubuhnya juga mendukung burung ini berkamuflase dengan habitat tersebut.

 

 

Sumber :

http://www.kutilang.or.id/2012/09/10/bambangan-kuning/

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *