SEJUTA MANFAAT BURUNG MIGRAN

Satwa
SEJUTA MANFAAT BURUNG MIGRAN
11 Oktober 2020
1190

SEJUTA MANFAAT BURUNG MIGRAN
Oleh: Sundari Marsudi

Keanekaragaman jenis burung yang tinggi dapat mencerminkan tingginya keanekaragaman hayati hidupan liar lainnya. Indonesia merupakan salah satu kawasan di Asia Timur yang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi ketiga di dunia. Terdapat ribuan spesies hidupan liar termasuk lebih dari 1600 jenis burung yang terdistribusi di berbagai tipe habitat. Beberapa spesies burung diantaranya merupakan spesies migrasi.
Burung migran adalah burung yang melakukan pergerakan kegiatan terbang dari populasi tempat berbiak menuju lokasi tidak berbiak yang terjadi setiap tahun. Migrasi dilakukan dengan tujuan untuk memberikan tanggapan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim, seperti musim dingin dengan suhu yang sangat rendah. Beberapa tipe habitat yang mendukung burung migran adalah pegunungan, rawa-rawa, danau, perairan pantai, lahan basah, mangrove serta hamparan lumpur karena menyediakan berbagai sumber pakan.

Sumber: Dokumentasipribadi
Keberadaan vegetasi sebagai habitat bersarang dan sumber pakan merupakan dua hal yang sangat penting bagi kelestarian beragam spesies burung hutan. Namun, kepentingan ekonomi dari hasil hutan kadang mengesampingkan nilai ekologis dari hasil non kayu, seperti burung dan satwa lainnya. Apalagi saat ini adalah era otonomi daerah. Pemerintah daerah menjadi raja-raja kecil yang berhak memanfaatkan hasil hutan di wilayahnya secara besar-besaran sehingga kurang memikirkan nasib generasi mendatang maupun kelestarian lingkungannya.
Alam yang terdiri dari unsur biotik dan abiotik telah memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup, khususnya manusia. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari alam yakni manfaat dalam aspek ekonomi. Saat ini manusia telah banyak menggunakan fasilitas yang tersedia di alam, salah satunya sebagai sarana wisata atau yang disebut sebagai ekowisata. Selain untuk rekreasi, alam juga menyediakan fasilitas untuk sarana pendidikan. Namun, apabila pengelolaan yang dilakukan kurang tepat, maka akan menimbulkan dampak negative bagi alam. Salah satu makhluk hidup yang bisa dijadikan objek wisata yaitu burung. Karena burung merupakan organisme yang bersifat cosmopolit, berwarna-warni, dan memiliki suara kicauan yang khas sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan objek wisata.
Namun perlu juga diadakan pengarahan kepada penduduk sekitar wilayah konservasi mengenai pemahaman tentang perlunya menjaga keanekaragaman hayati yang ada sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi alam. Pengamatan burung atau yang kini dikenal dengan Birdwatching merupakan salah satu kegiatan pengamatan burung di alam. Kegiatan wisata alam Birdwatching ini, di satu sisi bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar karena banyaknya wisatawan yang akan melakukan kunjungan ke daerah tersebut, disisi lain juga bisa memberikan manfaat konservasi bagi jenis-jenis burung yang ada di kawasan tersebut.
Oleh sebab itu, marilah kita menjaga kelestarian nya sebagai burung penghubung dunia kita karena ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama. Sudah kita ketahui, banyak manfaat yang di peroleh dengan keberadaan burung migrasi. Apa jadinya jika keberadaan burung-burung sudah tidak ada? Maka putuslah penghubung dunia kita karena banyak dampak negatif yang akan kita alami.

Terimakasih,
Salam konservasi!!!

Tentang Penulis
Sundari marsudi
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-10-11
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *