Sage

Flora
Sage
14 April 2016
1352

Sage adalah salah satu tanaman yang memiliki fungsi ganda, yaitu fungsi dalam masakan dan juga fungsi dalam pengobatan, khususnya pengobatan alternatif. Sage adalah tanaman yang berbentuk semak-semak. Tanaman yang satu ini biasanya hidup di dataran rendah. Daun dari sage tersebut berbentuk lonjong dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Anda mungkin akan kesulitan merasakan tekstur dari daun sage ini.

 

Dalam masakan, daun sage biasa digunakan dalam kondisi segar maupun kering. Rasanya sedikit peda dan agak pahit. Aroma khasnya akan semakin terasa jika ditaburi di atas masakan yang dipanggang.

Daun sage kering juga bisa dijadikan teh. Selain itu, daun sage juga mengandung minyak atsiri dan zat aktif lainnya. Zat ini berfungsi sebagai obat untuk menyembuhkan gigitan ular, meningkatkan kesuburan, sebagai antibiotok dan bersifat diuretik (melancarkan buang air kecil).

Dalam hal kesehatan, sage ini bisa anda gunakan untuk mengembalikan selera makan anda yang hilang. Fungsi lain dari sage ini dalam bidang kesehatan adalah untuk meredakan peradangan yang anda derita, khususnya peradangan pada mulut anda. Jadi, jika anda sedang menderita sariawan, sage ini mampu menyembuhkan penyakit anda yang satu ini.

Di samping itu, sage juga berguna dalam hal produksi air susu ibu. Beberapa ibu yang sedang menyusui mungkin mengalami permasalahan dalam produksi air susu mereka. Salah satu permasalahan itu adalah berlebihnya produksi air susu ibu menyusui tersebut sehingga banyak air susu yang tidak diminum oleh bayi mereka. Untuk itu, ibu-ibu yang sedang menyusui tersebut bisa menggunakan sage ini untuk sedikit memperlambat produksi air susu mereka.

 

Sumber : http://manfaatdaunbuah.blogspot.co.id/2015/05/khasiat-daun-sage-bagi-kesehatan-tubuh.html

Tentang Penulis
Hidayati Azizah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-14
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *