Reptil Laut Raksasa

Article
Reptil Laut Raksasa
Animal
1368
28 July 2017
Universitas Sumatera Utara
Author
David Pasaribu
170
posting

Ichthyosaurus adalah predator prasejarah yang paling besar dan misterius, yang menjelajahi samudera mencari mangsa. Kini, rahasianya terungkap.

Valentin Fischer selalu ingin mempelajari fosil-fosil, dinosaurus atau mamalia punah. Namun, ketika ia berada di sekolah pascasarjana, Fischer justru memilah-milah tumpukan tulang reptil laut kuno yang dikenal sebagai ichthyosaurus – kelompok yang diabaikan oleh sebagian besar palaeontolog moderen.

 

Reptil ini bahkan lebih beragam dari yang disangka sebelumnya, mulai dari makhluk mirip belut di pantai berlumpur, hingga makhluk raksasa yang kuat di lautan. “Mereka bisa pergi ke mana pun, seperti paus,” kata  Ryosuke Motani, seorang palaentologis dari University of California, Davis. Ukuran  terbesarnya sama panjangnya dengan paus biru (Balaenoptera musculus), dan menjadi predator terbesar di laut jaman Triassic.

Para peneliti juga mengungkap masa-masa terakhir kehidupan ichthyosaurus, yang diikuti kepunahan hewan itu di zaman Cretaceous Atas, sekitar 30 juta tahun sebelum dinosaurus punah. Beberapa  ahli  berpendapat, kepunahannya karena perubahan lingkungan yang drastis. Teori lain menyatakan, mereka lenyap saat predator lain yang lebih lebih ganas muncul, seperti hiu yang bergerak cepat, dan menggantikan mereka di lautan.

 

sumber : http://www.mongabay.co.id/2017/04/09/bagaimana-reptil-laut-raksasa-ini-menguasai-lautan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *