Pesut, Lumba-lumba air tawar

Artikel
Pesut, Lumba-lumba air tawar
Satwa
1523
7 Oktober 2015
Penulis
Muhammad Abrar
12
posting

Kingdom   : Animalia

Filum         : Chordata

Kelas         : Mamalia

Ordo          : Cetacea

Famili        : Delphinidae

Genus        : Orcaella

Spesies      : Orcaella brevirostris  

Pesut mahakam (Orcaella brevirostris) adalah sejenis hewan mamalia yang sering disebut lumba-lumba air tawar yang hampir punah karena berdasarkan data tahun 2007, populasi hewan tinggal 50 ekor saja dan menempati urutan tertinggi satwa Indonesia yang terancam punah. Tidak seperti mamalia air lain yakni lumba-lumba dan ikan paus yang hidup di laut, pesut mahakam hidup di sungai-sungai daerah tropis.

Populasi satwa langka yang dilindungi undang-undang ini hanya terdapat pada tiga lokasi di dunia yakni Sungai Mahakam Pesut bergerak dalam kawanan kecil. Walaupun pandangannya tidak begitu tajam dan kenyataan bahwa pesut hidup dalam air yang mengandung lumpur, namun pesut merupakan ahli dalam mendeteksi dan menghindari rintangan-rintangan. Barangkali mereka menggunakan ultrasonik untuk melakukan lokasi gema seperti yang dilakukan oleh kerabatnya di laut. Populasi hewan ini terus menyusut akibat habitatnya terganggu.

Tubuh memiliki bentuk simetris bilateral. Tipe sisik plakoid dengan seluruh tubuh berwarna kelabu hingga biru tua, bagian bawahnya berwarna lebih pucat. Sirip punggung kecil yang terletak dua pertiga posterior di punggung, pendek, tumpul, dan segitiga. Sirip tangan panjang dan lebar. dan membulat di tengah punggung. Tidak memiliki sipip dubur. Dahinya tinggi dan membulat; tidak bermoncong. Pesut dewasa beratnya lebih dari 130 kg dan panjangnya 2, 3 m psaat dewasa. Panjang maksimum yang tercatat adalah jantan 2,75m. Lumba-lumba air tawar  ini dianggap mencapai kedewasaan seksual pada 7 sampai 9 tahun. Masa hamilnya 14 bulan, melahirkan seekor anak setiap 2 hingga 3 tahun. Saat lahir panjangnya 1 m dan beratnya 10 kg. Umur pesut dapat mencapai 30 tahun. Lubang hembus berbentuk U terletak di bagian kiri dari bagian tengah dorsal (punggung) dan membuka ke depan.

Sama seperti spesies dari famili Delphinidae lainnya, Pesut memiliki leher yang fleksibel yang menjadikan mereka dapat mencari makan di perairan dangkal. Bentuk gigi kecil, meruncing, dan seperti pasak  dengan ukuran panjang sekitar 1 cm sama di kedua rahang  bawah dan atas. Pesut tidak bisa berakrobat dan tidak berenang di permukaan  mengikuti gelombang, tetapi dapat melompat keluar air dan menyemburkan air melalui mulut ke arah atas yang dapat mencapai tinggi 1,5 meter yang dimaksudkan untuk menggiring ikan. Makanan berupa Ikan, Krustasea (udang), Cephalopoda (cumi-cumi), dan telur ikan.  

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *