Penyu Sisik, penyu terunik di Indonesia.

Artikel
Penyu Sisik, penyu terunik di Indonesia.
Flora
1342
21 Desember 2014
Fakultas Kehutanan
Penulis
Abednego Togatorop
110
posting

PENYU SISIK, merupakan salah satu jenis penyu yang kembali hampir terancam punah. Saat ini spesies penyu ini tidak lebih dari 400 ekor di perairan Indonesia. Penyu ini memiliki keunikan dengan penyu lain, dari segi bentuk tubuh dan adaptasi morfologisnya.

DESKRIPSI:

Penampilan penyu sisik mirip dengan penyu lainnya. Penyu ini umumnya memiliki bentuk tubuh yang datar, dengan sebuah karapaks. sabagai pelindung, dan sirip menyerupai lengan yang beradaptasi untuk berenang di samudra terbuka. Perbedaan E. imbricata dari penyu lainnya yang sangat mudah dibedakan adalah paruhnya yang melengkung dengan bibir atas yang menonjol, dan tampilan pinggiran cangkangnya yang seperti gergaji. Cangkang penyu sisik dapat berubah warna, sesuai dengan temperatur air. Walaupun penyu ini menghabiskan separuh hidupnya di samudra terbuka, sesekali mereka juga mendatangi laguna yang dangkal dan  terumbu karang.

MENGAPA TERANCAM PUNAH?

Praktik memancing yang dilakukan oleh manusia menyebabkan populasi E. imbricata terancam kepunahan.  World Conservation Union mengklasifikasikan penyu sisik sebagai spesies kritis.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *