Penyu Pipih

Artikel
Penyu Pipih
Satwa
2201
28 Desember 2014
Penulis
Bagus Satrio
173
posting

Penyu pipih (Natator depressus) adalah spesies penyu yang endemik di landas kontinen Australia. Penyu pipih termasuk super familia Cheloniidae dan satu-satunya spesies yang ditemukan dalam genus Natator.

Penyu pipih dewasa memiliki karapas rendah berkubah, dengan tepi terbalik, yang panjangnya sekitar 90-95 cm. Karapas berwarna zaitun abu-abu dan plastron berwarna krem√¢‚Ǩ‚Äπ√¢‚Ǩ‚ÄπnBayi penyu pipih memiliki karapas abu-abu dengan sisik khas bergaris hitam. Plastron dan tepi karapas berwarna putih.

Spesies ini dalam genus monotipe, Natator, dalam family Cheloniidae, namanya berarti “perenang” dalam bahasa latin. Depressus, nama spesifik, berarti “pipih” dalam bahasa Latin. Hal ini mengacu pada kerataan tempurung penyu pipih itu. Suku Bardi menyebut hewan ini barwanjan, dan itu dikenal oleh Wunambil sebagai madumal.

© Pola Persebaran Penyu Pipih

Penyu pipih biasanya ditemukan di teluk, perairan dangkal, perairan berumput, terumbu karang, muara, dan laguna di pantai utara Australia dan di lepas pantai Papua Nugini.

Spesies ini dapat makan dari Indonesia dan Papua Nugini, tetapi sarangnya hanya diAustralia. Sarangnya terdapat di bagian utara Australia, dari Exmouth di Australia Barat sampai Taman Konservasi Mon Repos di Queensland. Tempat berkembang biak yang paling signifikan adalah Pulau Crab di barat Selat Torres. Perkembang biakan juga terdapat pada pulau-pulau di bagian selatan Karang Penghalang Besar, dan di daratanpantai dan pulau-pulau lepas pantai utara dari Gladstone.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *