Penyu hijau dari pulau lemukutan

Satwa
Penyu hijau dari pulau lemukutan
5 Mei 2016
1542

Penyu hijau (Chelonia mydas) adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Hewan ini adalah satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Namanya didapat dari lemak bewarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka. Jumlah Penyu Hijau semakin berkurang karena banyak diburu untuk diambil pelindung tubuhnya (karapaks dan platron) sebagai hiasan, telurnya sebagai sumber protein tinggi dan obat, juga dagingnya sebagai bahan makanan. Penyu Hijau di tangkarkan di Ujung Genteng Sukabumi.

 

Klasifikasi :

Kingdom :Animalia  

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Family : Cheloniidae

Genus :Chelonia

Spesies : Chelonia mydas

Deskripsi dari Chelonian mydas memiliki tubuh bagian dorsoventral ratakkan, kepala berparuh pada ujung leher pendek, dan lengan seperti dayung beradaptasi dengan baik untuk berenang. Penyu hijau tumbuh 1.5 meter. Berat rata-rata individu dewasa adalah 68-190 kg dan rata-rata panjang kerapas sekitar 78-112 c. permukaan dorsal kepala kura-kura memilki satu pasang sisik prefrontal. Kerapas yang terdiri dari lima sisik tengah diapit oleh empat pasang sisik lateral.  

Sumber :

Gatot Sudiono. 2008.” Analisis Pengelolaan Terumbu Karang Pada Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) Pulau Rendayan dan Sekitarnya Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat”. Tesis Program Megister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro.

Tentang Penulis
MOHAMAD JAKARIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *