Paus Pemandu Sirip Pendek

Satwa
Paus Pemandu Sirip Pendek
21 Juli 2017
1590

 

Globicephala adalah nama genus dari ikan Paus Pemandu Sirip Pendek ini. Nama ini diambil dari bentuk kepalanya yaitu, Globus yang berasal dari bahasa Latin berarti Bola dan Kephale dalam bahasa Yunani berarti Kepla. Globicephala berarti kepala bola.

Short-Finned Pilot Whale ini terdapat di beberapa daerah laut Indonesia. Salah satunya NTT di Laut Sawu. Paus ini juga pernah ditemukan terdampar di wilayang mangrove Denpasar, Bali sebanyak 4 ekor.

Paus ini dapat mencapai panjang 5,5 m yang betina dan 6,1 yang jantan. Beratnya dapat mencapai 3600kg pada jantan, dan 1500kg pada betina. Badannya kuat dan tegak, dengan kepala yang berbentuk seperti tonjolan bola lampu dan garis mulut yang melengkung ke atas. Sirip dorsalnya yang pendek dan berbentuk sebit. Flippernya panjang dan berbentuk seperti arit. Warna tubuhnya sebagian besar hitam pada bagian punggung dan sisi badannya. terdapat warna abu-abu pada bagian bawah kepalanya. Diet dari paus ini dapat berupa ikan, namun makanan utamanya adalah cumi-cumi. Ia juga memakan mangsa yang bermigrasi secara vertikal.

 

Sumber :

- www.semuaikan.com

- www.iucn.org

 

Tentang Penulis
Kezia Sitompul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *