Orangutan Kalimantan

Artikel
Orangutan Kalimantan
Satwa
1471
29 Desember 2014
Universitas Sumatera Utara
Penulis
David Pasaribu
170
posting

Orangutan kalimantan atau Pongo pygmaeus adalah salah satu spesies orangutan disamping orangutan sumatera. Sesuai namanya, orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) hidup di pulau Kalimantan dan merupakan spesies endemik pulau tersebut.

Postur tubuhnya lebih besar di banding orangutan sumatera. Orangutan kalimantan ( pongo pygmaeus ) memiliki berat tubuh lebih kurang 50 – 100 kg ( jantan ) serta 30-50 kg ( betina ) dengan tinggi rata-rata , 5 mtr.

Bulunya berwarna coklat kemerahan, memiliki lengan yang panjang dan kuat, kaki pendek, dan tidak memiliki ekor. Pejantan orangutan kalimantan memiliki benjolan dari jaringan lemak di kedua sisi wajah yang mulai berkembang di masa dewasa setelah perkawinan pertama.

Populasi orangutan kalimantan ini semakin hari mengalami penurunan akibat dari rusaknya habitat kerusakan hutan, kebakaran hutan, pembalakan hutan, menciutnya luas hutan, serta perburuan dan perdagangan liar.

Orangutan kalimantan termasuk binatang omnivora meskipun lebih suka tumbuhan. Makanannya orang utan ialah buah, dedaunan, kulit pohon, bunga, telur burung dan serangga, serta vertebrata kecil yang lain. Hewan endemik kalimantan ini aktif di siang hari ( diurnal ). Mereka dapat berkomunikasi dengan suara .

 

Terima kasih.

Salam Rimba.

David Pasaribu 🙂

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *