Munguk Beledu

Satwa
Munguk Beledu
19 Juli 2017
1465

Tak heran kalau manusia kadang suka terburu-buru, ketika menginginkan sesuatu yang menjadi impiannya. Begitu juga dengan burung yang berukuran kecil ini Munguk Beledu, burung yang memiliki kekhasan suka terburu-buru karena ngga mau kalah sama yang lagi birding.

Sudah kecil, cepat dan gesit dalam menyelinap di ranting-ranting pohon pinus yang saya jumpai, hela nafas panjang pun sering kali tak terelakan, karena demi mendapatkan burung yang satu ini, ya walaupun gambar cukup buram tapi paling tidak ini menambah referensi belajar keanekaragaman hayati dilingkungan tempat tinggal sendiri.

Burung yang tersebar hingga ke daerah Cina Selatan ini banyak di jumpai di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Jawa, dengan corak yang berwarna-warni ini menjadi satu bentuk keindahan burung dengan nama latin Sitta frontalis ini.

Burung pemakan serangga kecil ini, cepat sekali berpindah-pindah dari ranting, pohon ke pohon yang lain, gerakannya yang aktif sering kali kita jumpai laju geraknya pada posisi kepala ada di bawah dengan kata lain memanjat dan gerak aktifnya dari atas ke bawah. Kekhasan lain dari burung yang lain, burung ini suka merengek dengan suara ..cih-cih..dan sering kali juga mencicit dengan tajam “siip…siip..siip”.  

salam pembelajar

Tentang Penulis
kang Isrodin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-29
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *