Manyar Jambul

Satwa
Manyar Jambul
29 Desember 2014
1688

Kecil (14 cm), bertopi bulu warna emas. Burung jantan pada masa berbiak memiliki mahkota kuning emas; sisa bagian kepala, dagu, dan tenggorokan hitam; tubuh bagian bawah putih dengan coretan hitam pada  dada; tubuh bagian atas kecoklatan, dengan sisi kuning kemerahan. Burung jantan pada masa tidak berbiak dan betina memiliki bulu kepala coklat dengan coretan hitam pada mahkota, alis kuning tua, dan ada bercak keputih-putihan pada leher.
Iris coklat, paruh abu-abu kehitaman sampai coklat, kaki coklat muda.

Manyar jambul betina Photo@ Swiss w.

Suara
Kicauan mirip siulan terus menerus.

Persebaran
Global dan ras: Pakistan sampai Cina barat daya dan Asia Tenggara (kecuali Semenanjung Malaysia)

  • P. m. flaviceps ( Lesson, 1831): Pakistan bagian tengah dan tenggara, India (Punjab, Gujarat, dan catatan terpisah-pisah dari timur sampai barat Bengal) dan Nepal bagian tenggara, wilayah selatan sampai timur Sri Lanka.
  • P. m. peguensis (Stuart Baker, 1925): India wilayah timur laut (Bengal bagian barat, Assam), Bangladesh, Bhutan bagian tenggara, Myanmar wilayah tengah dan utara, China wilayah selatan (barat Yunnan) dan Laos bagian utara.
  • P. m. williamsoni (B. P. Hall, 1957): Thailand wilayah barat laut, tengah, dan tenggara, Kamboja dan Vietnam wilayah selatan.

Lokal dan ras : Hanya diketahui hidup di Jawa (termasuk Bawean) dan Bali.

  • P. m. manyar ( Horsfield, 1821): Jawa, Bawean (ujung utara Java) dan Bali.

Terdapat di beberapa tempat dalam koloni besar dan kelompok nomaden di dataran rendah. Pada masa berbiak hidup dalam koloni besar disekitar pohon atau semak-semak tempat berbiak. Pada musim lain, hidup dalam kelompok yang tidak menetap. Jantan membuat sarang yang terjalin rumit. Habibat yang disukai adalah rawa berumput, rumput gelagah dan sawah.

Tentang Penulis
Bagus Satrio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2019-08-08
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *