Lyre Bird

Artikel
Lyre Bird
Satwa
1776
17 Desember 2014
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Filum       : Chordata
Kelas       : Aves
Ordo        : Passeriformes
Subordo   : Passeri
Famili       : Menuridae
Genus      : Menura
Spesies    : Menura novaehollandiae

Burung lyre memiliki warna bulu dominan kecokelatan. Meski memiliki sayap dan memiliki kemampuan terbang, mereka jarang menggunakannya, karena lebih banyak bergerak di dalam hutan dengan kedua kakinya, baik untuk berlari, melompat, maupun bertengger pada batang-batang pohon di malam hari untuk beristirahat.

Makanan utama terdiri atas cacing tanah, laba-laba, kumbang dan serangga. Pada musim berkembang biak, mereka biasanya membangun sarang di atas permukaan tanah di pinggir jalan setapak atau sungai, bahkan terkadang mereka membangun sarang di puncak pohon pakis.

Disebut superb lyrebird atau burung lyre, karena burung jantan memiliki ekor yang unik. Ekornya bisa dinaikkan hingga di atas kepalanya, sehingga berbentuk seperti alat musik petik kecapi.

Gerakan tersebut hanya akan ditunjukan kepada burung betina pada masa musim kawin. Panjang ekor burung jantan bisa mencapai 60 cm ketika usianya sekitar 8 tahun.

Lyrebird jantan juga terkenal dengan keindahan tariannya. Untuk menarik perhatian burung betina yang polos penampilannya, si jantan membuat onggokan-onggokan tanah yang tingginya bisa mencapai 1 meter.

Ketika si jantan sedang mabuk kepayang, ia akan naik di atas onggokan tanah bak seorang penyanyi berdiri di atas panggung. Kemudian ia akan membuka ekor yang akan melengkung ke depan, nyaris menudungi kepalanya. Setelah itu, dalam usaha untuk mengambil perhatian sang betina, mulailah ia menyanyi.

 

Kemampuan luar biasanya dalam menirukan suara burung lain dan suara lingkungan di sekitarnya terkadang mengilhami beberapa orang untuk melakukan rekayasa video yang diunggah ke youtube.

 

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *