Lemur

Artikel
Lemur
Satwa
1575
27 Desember 2014
Universitas Sumatera Utara
Penulis
David Pasaribu
171
posting

Lemur merupakan primata endemik Pulau Madagaskar. Nama ‘lemur’ sendiri berasal dari kata ‘lemures’ yang berasal dari mytologi Romawi yang berarti hantu atau arwah, yang pertama kali digunakan untuk menggambarkan jenis kukang yang aktif di malam hari dan pergerakannya lambat, tetapi belakangan lebih ditujukan kepada jenis primata asli Madagaskar ini.

Ukuran Lemur beragam, mulai dari seberat 30 gram hingga 9 kg. Lemur memiliki banyak kesamaan dengan primata basal, seperti jumlah jari pada tangan dan kaki mereka dan mereka memiliki kuku bukan cakar. Namun, perbandingan ukuran otak dengan tubuh mereka lebih kecil daripada primata antropoid.
 
Lemur bisa dibilang yang paling sosial dari jenis primata strepsirrhine dan berkomunikasi lebih menggunakan bau dan suara dari pada dengan sinyal visual. Lemur memiliki metabolisme basal yang rendah, mempunyai musim kawin, dormansi (semacam hibernasi), atau dominasi lemur betina.
 
Makanan utama lemur adalah buah-buahan dan daun-daunan. Meski makanan para lemur itu sama, tetapi lemur yang berbeda spesies memiliki ‘buruan’ mereka masing-masing, meskipun tinggal dalam hutan yang sama.
 
Sahabat Warriors sayangnya, banyak spesies lemur yang terancam punah karena kehilangan habitat dan perburuan liar. Meskipun tradisi warga setempat cenderung membantu melindungi lemur dan hutan mereka, tetapi pembalakan liar, kemiskinan, dan konflik politik membuat konservasi terhadap primata tersebut menjadi sulit.
 
 
Salam Rimba.
David Pasaribu. 🙂
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *