Blacan / Kucing Hutan

Artikel
Blacan / Kucing Hutan
Satwa
8018
28 Desember 2014
Universitas Sumatera Utara
Penulis
David Pasaribu
170
posting

Kucing hutan/ Blacan adalah jenis kucing kecil, yang berat badannya hanya sekitar 7-15 pounds, kepala dan badan panjangnya sekitar 25-32 inch, ekornya mempunyai panjang sekitar 10-14 inch. Kucing hutan berburu pada siang hari atau malam hari dan mencari mangsa dari pohon, makanan kucing hutan adalah, burung, ikan, kelinci, tupai, danhewan kecil lainnya.

Blacan ini merupakan binatang nokturnal yang lebih banyak beraktifitas di malam hari termasuk untuk berburu mangsa seperti burung, tikus, bajing, tupai, serangga, ampibi, kelinci, kancil dan binatang kecil lainnya.

Binatang carnivora ini seperti berbagai jenis kucing lainnya merupakan binatang yang sangat pandai memanjat. Bahkan, meski jarang melakukannya, kucing hutan mempunyai kemampuan yang baik dalam berenang.

Kucing hutan atau kucing blacan populasi di alam semakin sedikit dan mengkhawatirkan, kucing blacan banyak yang ditangkap untuk dipelihara, namun  akhirnya banyak kucing hutan yang mati karena tidak bisa beradaptasi dengan baik.

Kucing hutan di Indonesia dilindungi oleh undang undang, dan sudah termasuk ke golongan apendix 1 atau hewan yang dilindungi.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *