Lempeni

Artikel
Lempeni
Flora
5248
18 Maret 2015
Penulis
Nadia Putri Rachma
127
posting

Divisi    : Magnoliophyta
Kelas    : Magnoliopsida
Bangsa : Primulales
Suku    : Primulaceae
Marga   : Ardisia
Spesies : Ardisia humilis

   Tumbuhan ini berbentuk semak belukar atau pohon kecil yang berukuran 6 meter dan diameter pangkalnya bisa mencapai 15 cm. Tumbuhan ini memiliki batang  yang kuat dengan warna kulit yang keabu-abuan. Lampeni (Ardisia elliptica) memiliki akar tunggang yang kuat dan percabangan yang banyak.  Daunnya memiliki tekstur yang kasar dan elastis, berwarna merah muda ketika masih muda dan akan menjadi hijau gelap ketika sudah tua (Corner 1952).

Daunnya tidak berbulu dan percabangan alternate dengan panjang petioles sekitar 1 cm. Daun membundar telur sungsang sampai oblong sempit, dengan banyak bintik-bintik kelenjar. Perbungaan tandan di ketiak, sering berbentuk payungan, mahkota ungu-kemerahan. Diameter buah 6-8 mm (Proseanet.org). Penyerbukan spesies ini dibantu oleh serangga dan bisa pula oleh dirinya sendiri (self-fertile) (Pascarella 1997).

Buah dan daun dari Lampeni (Ardisia elliptica) dapat dimakan dan bisa menyembuhkan penyakit perut (murus) (Abdullah et al 2010). Selain itu buah dari Lampeni dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit jantung dan daunya untuk menyembuhkan penyakit kudis. Masyarakat di sekitar kawasan cagar alam bojonglarang jayanti memanfaatkan Lampeni (Ardisia elliptica) dalam berbagai hal diantaranya sebagia bahan pangan dengan memanfaatkan buah dan daun mudanya sebagai makanan, serta dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Sumber:

  • http://www.proseanet.org/prohati4/browser.php?docsid=127
  • http://devil-magnus.blogspot.com/2013/09/lampeni-ardisia-eliptica-thunberg.html
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *