Lannea coromandelica, Jaranan Penghilang Rasa Pahit

Lannea coromandelica, Jaranan Penghilang Rasa Pahit
29 Juni 2016
3881

Kalau kamu suka dengan masakan Padang, kamu pasti sering makan daun singkong atau pucuk ubi. Daun singkong memiliki rasa asli yang agak pahit di lidah. Namun para juru masak memiliki rahasia untuk mengurangi rasa pahit dari daun singkong, yaitu Lannea coromandelica.

 

Lannea coromandelica adalah tumbuhan dari famili Anacardiaceaemasih berkerabat dekat dengan kedondong Spondias dulcis. Karena kekerabatan dan bentuk daunnya yang mirip, Lannea coromandelica juga memiliki sebutan kedondong laki.

Tumbuhan yang mampu menghilangkan rasa pahit saat memasak daun singkong tersebut tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Di daerah lain kedondong laku disebut dengan nama "Jaranan",  "Kudo", "Tamatte", "Kayu Cina", dan "Kayu Jawa". Sedangkan di Flores disebut dengan nama "pohon Reo".

Memanfaatkan jaranan untuk menghilangkan pahit pada daun singkong cukup mudah. Petiklah daun jaranan yang masih muda, kemudian daun ini direbus bersama dengan daun-daun singkong. Daun ini memilki kemapuan untuk mengikat rasa pahit pada daun singkong. Ayo coba gunakan daun ini ketika kamu mengolah masakan yang mengeluarkan rasa pahit.

 

Sumber bacaan:

http://biodiversitywarriors.org/kedodong.html

http://www.kompasiana.com/su.he/manfaat-pohon-kudo_54f76562a333119e348b4744

 

 

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *