Putri Malu si Cantik Berduri yang Bermanfaat

Flora
Putri Malu si Cantik Berduri yang Bermanfaat
1 Juli 2016
4498

Hai teman-teman BW bagaimana kabar kalian, yang pastinya tentu kalian semua baik-baik saja ya. Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi kepada kalian semua teman. Kalian tau tidak banyak sekali rumput-rumput liar di sekitar kita. Tapi diantara rumput-rumput tersebut ternyata banyak sekali rumput yang selama ini kita tidak mengetahuinya, bahwa sebenarnya ada rumput yang merupakan obat alami yang mudah kita buat. Salah satunya itu dia “si cantik berduri yang bermanfaat”, atau yang sering kita kenal dengan sebutan “putri malu” (Mimosa pudica) tetapi orang di kampung saya sering menyebut tanaman tersebut dengan sebutan “gehgeran”.           

Tanaman putri malu, tumbuh sangat liar,Jadi kita mudah untuk menemukan tumbuhan tersebut. Biasanya tumbuhan putri malu sering di temukan di kebun-kebun dan hutan-hutan. Tumbuhan tersebut mempunyai ciri batangnya berwarna coklat yang berduri, daunnya berbentuk kecil-kecil berwarna hijau, dan warna bunga putri malu berwarna pink (merah jambu) yang berbentuk bulat menyerupai bulu-bulu halus. Keunikan pada tanaman putri malu ialah, jika kita menyentuh daun putri malu, maka daun tersebut akan meredup seolah-olah daun tersebut menjadi layu. Maka dari itu, tanaman tersebut dikenal dengan sebutan “putri malu”.           

Tidak hanya itu, tanaman putri malu juga bisa dijadikan sebagai obat, diantaranya bisa di gunakan sebagai obatuntuk sakit maag, pegal-pegal, dan sakit kepala. Cara membuat obat tersebut sangat mudah kok. Pertama ambil semua tumbuhan pada putri malu, dimulai dari akar, batang, daun serta bunganya. Kemudian cuci hingga bersih, lalu rebus dengan tambahan air sbanyak 1 gelas air yang nantinya setelah di rebus akan menjadi setengah gelas. Kemudian setelah mendidih, saring airnya yang nantinya bisa di minum. Selain dengan cara di rebus, bisa juga dengan cara di tumbuk sampai halus dan tambahkan air sebanyak 1 gelas kemudian di saring dan di ambil airnya, setelah itu di minum. Lakukan hingga kita merasa sudah baik.           

Wahhh,,,,,sungguh luar biasa bukan. Ternyata tumbuhan yang selama ini kita anggap sebagai rumput liar yang jahat,ternyata banyak khasiat dan manfaatnya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis
Santi Liawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2016-07-02
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *