Serunya Membuat Serundeng di Dusun Cunil

Serunya Membuat Serundeng di Dusun Cunil
28 Juni 2016
1522

Sebutkan ada berapa banyak makanan hasil dari olahan kelapa? Tentu sangat banyak olahan makanan yang berbahan dasar buah kelapa. Salah satunya adalah serundeng, serundeng adalah makanan khas Indonesia yang sering digunakan untuk melengkapi lauk-pauk atau nasi.

Serundeng dibuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat serundeng antara lain bawang bombay, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Serundeng umumnya dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng, teman makan kue, atau ditaburkan di atas nasi.

Pembuatan serundeng yang sederhana memancing semangat para Sahabat Kudi dari Dusun Cunil, Desa Pegalongan Kecamatan Patrikraja Banyumas. Mereka mencobamembuat Serundeng Pedas dengan dengan memanfaatkan Keanekaragaman Hayati yang ada di sekitar. Semangat anak-anak dari bukan hanya soal serundeng, tapi juga semangat melestarikan dan memanfaatkan sumber pangan lokal Indonesia.

 

Diolah dari artikel Serundeng pedas khas Dusun Cunil oleh Apris Nur Rakhmadani

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *