Ikan Kakatua

Satwa
Ikan Kakatua
20 Juni 2017
4571

Ikan kakatua atau Scarus croicensis ini merupakan ikan berasal dari famili Scaridae. Ia merupakan salah satu jenis ikan pemakan alga di karang mati dan bukan termasuk ikan ekonomis penting melainkan termasuk ikan lain-lain (majority). Ikan kakatua memiliki nilai ekonomis apabila sudah dijadikan bentuk olahan ikan asin.

Bentuknya seperti ikan pada umumnya serta memiliki beberapa keistimewaan seperti warnanya sangat menarik dan indah. Apalagi bentuk moncongnya yang khas menyerupai paruh burung kakatua dan disebut ikan kakatua. Perilaku yang baik menyebabkan ikan kakatua banyak diminati para hobiis (penggemar) ikan hias. Ia paling suka memakan lumut-lumut yang menempel pada batu karang dengan moncongnya yang khas, sehingga karang akan terlihat bersih. Sisiknya lebar dan lumayan tebal, apabila diarahkan ke cahaya akan terlihat pola transparant berbentuk sarang laba-laba.

Selain memiliki warna yang indah, ikan ini punya keunikan yang lain yakni memiliki cara yang unik untuk mempertahankan dirinya dari ‘nyamuk laut’,  yaitu dengan mensekresikan lendir atau mukus. 

Ikan yang memiliki cara adaptasi tersebut adalah ikan kakatua jenis Chlorurus sordidus. Mukus produksi ikan ini dikeluarkan dari mulutnya dan melindungi seluruh tubuhnya. Mukus ini digunakan untuk melindungi diri dari serangan Gnothii isopods, semacam udang penghisap darah atau yang sebelumnya disebut ‘nyamuk laut’ itu. Ini merupakan jenis parasit ikan.

http://www.jitunews.com/read/13348/ikan-pembersih-karang-dan-pengusir-nyamuk-laut-itu-bernama-kakatua

 

Tentang Penulis
Desi Arida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2017-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *